Viral, Video Geber-geber Motor Sendiri Berujung Rusak, Ternyata Ini Akibatnya

Viral, Video Geber-geber Motor Sendiri Berujung Rusak, Ternyata Ini Akibatnya

JAKARTA, POSTINGNEWS.ID - Viral dimedia sosial bru bru ini dimn seorang remaja menggeber geber motornya sendiri dan berujung motor yang digeber rusak.

Terlihat dalam video motor tersebut yang digeber adalah motor matic berjenis vario.

Perlu diketahui, motor matik tidak perlu digeber berlebihan ketika sedang dipanaskan atau servis. Salah penanganan, mesin motor matiC malah berpotensi rusak parah.

BACA JUGA:Intip Moge Harley Davidson Murah! Harganya Cuma Rp 49 Juta

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @agoez_bandz4 dimana dalam video itu terlihat sebuah Honda Vario 125 yang dinaiki seorang bocah.

Awalnya motor masih berfungsi normal, namun setelah digeber-geber dalam posisi standar tengah, mesin motor macet dan berujung mati.

Ternyata ini akibatnya jika sering menggeber motor matic secara terus menerus.

Kebiasaan menggeber-geber gas sembari menarik tuas rem pada motor matic bisa membuat V-Belt mudah retak hingga akhirnya putus. Hal ini karena CVT akan bekerja ekstra bila membuka gas sembari menarik tuas rem.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya, Pasar Jongkok (Parjo) Otomotif akan Digelar Bulan Ini!

V-Belt ini kan tarik ulur di dalam CVT. Dia berfungsi menghubungkan mesin dan roda belakang. Kalau digas dia akan tegang V-Belt-nya, kalau ditutup, dia akan mengendur. Kalau sering dilakukan kaya begitu, paling parah V-Belt-nya bisa putus.

V-Belt yang putus bisa membuat komponen pulley rusak. Pada bagian pulley depan, roller bisa peyang hingga rontok. Bahkan, rumah roller bisa rusak karena hantaman keras dari V-Belt yang putus.

Komponen kampas kopling ganda motor matik juga cepat habis kalau kebiasaan membuka gas sambil menekan rem sering dilakukan. Ini dikarenakan komponen ini bergesekan dengan mangkoknya.

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Sumber: